Senin, 17 Juni 2013

SERI PRINSIP-PRINSIP KERAJAAN ALLAH (1)
By: Rio Leste

BEKERJA KERAS

‘Orang yang mencuri, janganlah mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan’
(Efesus 4:28)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKfKY6Mp3AVVJ9yZlurwMmpGp4aKHcsvufEb0L8MzXF2zzccOCNcdJ1qJacytXcgABDvtB-XPi59JXUUnRdckeVVu_x-NKnsh28VBQIn3uUuBhBsutMrVlMEUkSFIAy7g6xo7A_LIEcr4/s1600/kerja-keras.jpg

Ada banyak orang yang masih produktif untuk bekerja tetapi mereka tidak memanfaatkan waktuya itu untuk bekerja. Sebagai anak-anak Tuhan seharusnya kita bekerja lebih giat dari orang-orang dunia karena kita tidak hanya bekerja untuk diri kita tetapi untuk Tuhan dan orang lain.

Alasan kita bekerja: pertama; karena Allah, Bapa kita adalah pribadi yang bekerja. Karena itu jika kita adalah anak-anak Allah maka kita juga harus bekerja.

Kedua, karena firman Tuhan memerintahkan kita untuk bekerja. Karena Allah kita adalah Pribadi yang bekerja maka Dia memerintahkan kita dalam firman-Nya supaya kita juga harus bekerja. Dia tidak senang dengan orang-orang yang malas. Perhatikan ayat ini “Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikan lakunya dan jadilah bijak: Hai pemalas, berapa lama lagi engkau berbaring? Bilakah engkau akan bangun dari tidurmu? (Ams 6:6 dan 9). Ada anggapan bahwa jika manusia tidak jatuh di dalam dosa maka manusia tidak bekerja. Hanya makan dan tidur saja. Anggapan seperti itu salah karena sebelum manusia itu jatuh di dalam dosa Allah sudah memerintahkan Adam untuk mengusahakan taman eden..

Ketiga; karena dengan bekerja kita dapat memenuhi kebutuhan kita. Perhatikan ayat ini “Dan biarlah orang-orang kita juga belajar melakukan pekerjaan yang baik untuk dapat memenuhi keperluan hidup yang pokok, supaya hidup mereka jangan tidak berbuah”(Tit 3:14).

Keempat; dengan kita bekerja kita dapat memberkati orang lain yang berkekurangan (Bdk Efs 4:28 di atas). Ayat ini memerintahkan kita untuk bekerja dengan tangan kita sendiri agar kita bisa berbagi dengan orang lain yang kekurangan. Jika kita tidak bekerja bagaimana kita bisa memberkati orang lain? Jangan hanya menunggu untuk menjadi PNS, atau menjadi karyawan di salah satu perusahaan baru namanya bekerja. Kita bisa memulai dengan usaha-usaha kecil seperti menjual pisang goreng, menjual pulsa, dll. Intinya sesuatu usaha yang dapat menghasilkan uang untuk memenuhi kebutuhan kita dan orang lain. John Wesley berkata “Bekerjalah segiat-giatnya, hasilkanlah uang sebanyak-banyaknya dan memberilah sebanyak-banyaknya”. Tuhan memberkati. Amin!
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQuSrrYXNzh9hfAhhVO57vnbATKhojzSAHhihanA3r7VbARUqBH04pxKSUfWXGyi9vTgDqGZmSTgJKt260jAJBnpzj-9m2x2sfK8bByv21BuKY0g8NUVt9bGiHarX0SQNX6KM1Wg0WXsIK/s1600/kerja-keras.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar