Senin, 17 Juni 2013

KERENDAHAN HATI

SERI PRINSIP-PRINSIP KERAJAAN ALLAH (2)
By: Rio Rio Leste 
KERENDAHAN HATI

“Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati. Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya.”
(1 Petrus 5: 5b-6)

Pada suatu kali, misionaris terkenal Morison yang melayani di daratan Tiongkok meminta Badan Misi Gereja mengutus seorang pemuda untuk membantunya. Pada waktu Badan Misi Gereja mengumumkan kebutuhan tersebut, maka ada seorang pemuda yang mempunyai semangat ingin melayani Tuhan ating untuk melamar. Para pengurus melihat penempilan yang agak udik dan kasar, menjadi ragu-ragu, tetapi semangat melayani, dan kasih kepada jiwa-jiwa yang tersesat, sehingga pengurus tidak bisa menolaknya.

Pada waktu pengurus Badan Misi mewawancarainya, “Apakah saudara mau pergi ke daratan Tiongkok untuk menjadi Pelayannya tuan Morison?” dengan kesungguhan pemuda ini menjawab, “Saya mau menjadi apa saja, asal bisa melayani Tuhan; karena saya menganggap segala pekerjaan asal untuk Tuhan adalah suatu kemuliaan.”

Siapakah pemuda yang penuh dengan kerendahan hati ini? Dia adalah Doktor Milne, misionaris yang terkenal itu. Di samping ia menjadi misionaris, ia juga pendiri dan menjadi rector sebuah sekolah teologia.
http://www.gkikotamodern.org/web/images/artikel/humble_1311203853.bmp

Terkadang kita membeda-bedakan pekerjaan menurut pandangan kita. Kita merasa terlalu tinggi atau terlalu terhormat untuk melakukan hal-hal kecil. Pada hal segala pekerjaan dapat kita lakukan untuk kemuliaan Tuhan. Semakin tinggi status seseorang sebenarnya semakin merendahkan diri, sama seperti Sang guru Agung kita Yesus Kristus. Ia yang adalah Tuhan dan Guru, Ia rela untuk membasuh kaki murid-murid-Nya. Dikatakan pula bahwa Ia yang adalah Anak Allah yang serupa dengan Bapa merendahkan diri-Nya sehingga sama dengan manusia bahkan mati di atas kayu salib. Sangat luar biasa. Dan akhirnaya Dia sangat ditinggikan oleh Bapa dan dikaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama. Puji Tuhan. Segala kemuliaan hanya bagi Tuhan.

Apa rahasianya sehingga Yesus sangat ditinggikan? Rahasianya adalah kerendahan hati. Kerendahan hati bukan hanya sekedar diajarkan oleh Tuhan Yesus, tetapi Dia telah mempraktekanya. Karena itu jika kita ingin ditinggikan oleh Allah maka kerendahan hati tidak boleh hilang dari kehidupan kita. Itu adalah salah satu prinsip kerajaan Allah. Memang tidaklah gampang untuk menjadi orang yang rendah hati, karena pada dasarnya kita adalah orang-orang yang egois, angkuh dan mementingkan diri sendiri. Tetapi jika kita bersedia menyerahkan diri kita kepada Tuhan yang Maha Kuasa maka Ia akan menolong kita dengan Roh-Nya yang kudus sehingga kita dapat memiliki kerendahan hati dihadapan-Nya. Tuhan memberkati. Amin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar